Rabu, 06 Juni 2012

Soal Matematika SMP kelas 3 materi Kesebangunan


Dulu waktu saya kecil, sering melihat, kenapa koq setiap orang membangun rumah itu bentuknya mirip/sama. Setelah saya tanya pada ibu, ibu menjawab, “ ya le,le, tanya pada yang punya rumah ae”. Toh, itu menjadi permasalahan bagi saya, truz di kelas 3 SMP baru di bahas mengenai rumah yang sama oleh pak guru. Lha, kemudian saya tanya,” pak kenapa bentuk rumah itu koq selalu sama”. Pak guru menjawab,” lha karena mereka ingin membangun rumah yang sebangun”. Barulah pak guru jelasin tentang kesebangunan, bisa j ya pembelajaran dengan mengandalkan pengalaman siswa.hehehe…balik ke soal Matematika
Soal matematika yang akan saya Update kali ini yakni Soal Matematika SMP kelas 3 : Kesebangunan. Barangkali sebagian orang sudah tahu kan arti dari sebangun, ya sebangun dari kata “bangun ” dan imbuhan “se” yang artinya mirip. Jadi sebangun artinya mirip bangun apa gitu?hehehe….
Nah, sudah sedikit mengerti bukan. Masuk ke matematikanya saja. Di dalam matematika kesebangun yang akan dibahas adalah Bangun Datar yang sebangun dan kongruen dan sifat dua segitiga yang sebangun dan kongruen. Rangkuman materinya sebagai berikut :
  1. Dua bangun datar dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.
  2. Dua segitiga dikatakan sebangun, jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
  3. Dua segitiga dikatakan sebangun, jika perbandingan sisisisi segitiga yang bersesuaian sama.
  4.  Jika dalam suatu segitiga terdapat garis yang sejajar dengan salah satu sisi segitiga tersebut, maka garis sejajar tersebut membagi kedua sisi lainnya pada segitiga itu atas dua ruas garis dengan perbandingan yang sama.
  5. Dua bangun datar dikatakan kongruen, jika memiliki ukuran dan bentuk yang tepat sama.
  6. Dua segitiga yang kongruen mempunyai sifat, yaitu sisisisi yang seletak sama panjang.
  7.  Dua segitiga yang kongruen mempunyai sifat, yaitu sudut-sudut yang seletak sama besar.
  8. Dua segitiga akan kongruen jika:
a.  Ketiga sisi pada segitiga pertama sama panjang dengan ketiga sisi yang bersesuaian pada segitiga yang kedua(s, s, s).
b.  Dua sisi pada segitiga pertama sama panjang dengan dua sisi yang bersesuaian pada segitiga kedua, dan kedua sudut apitnya sama besar (s, sd, s).
c.  Dua sudut pada segitiga pertama sama besar dengan dua sudut yang bersesuaian pada segitiga kedua, dan sisi yang merupakan kaki persekutuan kedua sudut sama panjang (sd, s, sd).
Demikianlah Bank Soal Matematika tentang Soal Matematika SMP kelas 3 : Kesebangunan. Semoga belajar online matematika kali ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi kita untuk membudayakan sesuatu yang sama, melihat orang-orang baik jadi ikut sama-sama baik. Itu yang diharapkan. Terima kasih telah berkunjung di Belajar Matematika Online…salam matematika.
Download : Soal matematika SMP kelas 3 : kesebangunan

Copirigrt : Bank Soal Matematika


Download Soal Matematika lainnya---> Disini!

Incoming search terms:

  • soal matematika sudut pada jam
  • soal kls 3 mengenai sudut
  • materi kesebangunan
  • materi bangun datar smp
  • soal dan jawaban smp kelas 3 matematika tentang bangun datar
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar